Penanganan Penyakit Lambung

Penyakit lambung adalah peradangan yang akut pada selaput lendir lambung. Penyakit ini timbul karena makan makanan yang tidak menyehatkan dalam waktu agak lama. Penyebab radang lambung,antara lain makanan berminyak atau yang digoreng, makan terlalu banyak, makan tergesa-gesa, minum banyak air ketika makan, waktu makan yang tidak teratur, bumbu-bumbu yang berlebihan, merokok, dan minum-minuman keras. Makanan segar yang diparut atau dipotong-potong dengan halus akan menolong menghindari radang lambung.

Pasien dengan gangguan dispepsia fungsional memang perlu penanganan penyakit lambung yang menyeluruh. Gangguan ini jangan dipandang hanya dari segi biomedis atau organis saja. Seringkali pasien memakan berbagai macam obat lambung tetap tidak dapat mengobati keluhannya. Apalagi bila pasien yang memang dasar diagnosis sebenarnya adalah gangguan kecemasan atau gangguan depresi. Tata laksana gangguan dasarnya akan berakibat juga menghilangkan keluhan sekundernya yaitu keluhan lambung.

Nyeri lambung adalah bagian dari tata laksana yang paling dominan dalam mengatasi kondisi pasien gangguan dispepsia fungsional. Teknik-teknik psikoterapi yang berkaitan dengan pengalihan rasa nyeri berbarengan dengan penggunaan obat untuk menghilangkan nyeri lambung diharapkan efektif untuk menghilangkan keluhan yang paling sering dikeluhkan ini.

Hal-hal yang berkaitan dengan stres sosial dan lingkungan yang berat dapat ditangani dengan penggunaan teknik psikoterapi yang tepat. Gangguan kejiwaan yang sering manifestasinya gangguan fisik termasuk gangguan lambung juga perlu mendapatkan penanganan yang tepat. Gangguan kejiwaan yang sering manifestasinya gangguan fisik termasuk gangguan lambung juga perlu mendapatkan penanganan yang tepat. Hal ini sering dilupakan jika kondisi biopsikososial belum begitu dipahami oleh dokter yang merawat pasien dengan gangguan dispepsia fungsional.

Jadi intinya adalah penanganan penyakit lambung pada pasien yang mengalami karena dispepsia fungsional perlu dilakukan secara menyeluruh dengan menekankan prinsip biopsikososoal dalam tata laksananya. Berbagai penelitian telah membuktikan adanya hubungan yang erat antara stres dengan timbulnya gangguan dispepsia fungsional. Penanganan yang tepat akan menghasilkan hasil yang baik buat pasien dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

 


=====================================

>>>Nutrisi Gandum Talbinah Untuk Membantu Mengobati Penyakit Asam Lambung, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Penyakit Lambung and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>