Pengobatan Tukak Lambung

Tukak lambung adalah jenis sakit lambung yang lebih berat dari gastritis, dimana sudah terjadi tukak atau luka pada lambung. Ada semacam lubang (erosi) pada beberapa bagian dari saluran cerna. Jenis yang paling umum adalah tukak duodenum, yaitu yang terjadi pada usus duodenum, kira-kira 12 inci setelah lambung. Tukak yang terjadi pada lambung itu sendiri disebuttukak gastrik atau tukak peptik (gastric ulcer).

Untuk menentukan kepastian ada tidaknya infeksi kuman penyebab tukak lambung H. Pylori, dilakukan beberapa pemeriksaan, diantaranya adalah pemeriksaan darah, dari pemeriksaan ini analisa contoh darah dapat menentukan bukti adanya kuman H. Pylori. Pemeriksaan biasanya dilakukan dengan pemeriksaan jarum melalui jari. Setelah melakukan pemeriksaan selanjutnya adalah pengobatan tukak lambung sesuai dengan penyebabnya.

Pemeriksaan tinja dirasa perlu dilakukan untuk mengetahui adanya antogen pada tinja yang disebabkan oleh protein asing yang dihasilkan oleh kuman H. Pylori. Cara lain untuk menentukan penyakit infeksi adalah dengan pemeriksaan menggunakan endoskopi. Dokter memasukkan semacam tube yang ujungnya terdapat kamera, hingga ke dalam saluran cerna. Pemeriksaan ini dapat mengetahui dengan jelas bagaimana kondisi di dalam lambung, selanjutnya dapat diambil contoh jaringan lambung yang diduga mengandung H. Pylori, pemeriksaan ini cukup akurat dengan mengetahui ada tidaknya infeksi.

Untuk mengatasi masalah ini diberikan beberapa pengobatan tukak lambung diantaranya dengan pemberian antibiotik untuk mengatasi infeksi yang timbul dan juga untuk mencegah perkembangan bakteri. Pemberian anti asam lambung juga dilakukan untuk dapat memberikan waktu bagi dinding lambung untuk sembuh.

Setelah diberikan pengobatan, selanjutnya dokter akan melakukan evaluasi, terjadi perbaikan atau tidak. Dilakukan pengambilan contoh darah untuk mengetahui ada tidaknya kuman ini. Jika masih belum berhasil diberikan jenis antibiotik lainnya.

Pada daerah tertentu angka kejadian infeksi H. Pylori sangat tinggi dan komplikasi akibat penyakit tukak lambung ini juga sangat banyak, maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan apakah seseorang menderita infeksi H. Pylori atau tidak. Jika memang mengalami infeksi, dapat diberikan pengobatan segera.

Pengobatan tukak lambung yang disebabkan leh bakteri Helicobacter Pylori harus diobati dengan antibiotika yang harus diperoleh dengan resep dokter. Antibiotika yang sering dipakai adalah kombinasi klaritromisin dengan amoksisilin atau metronidazol, yang harus digunakan sekitar 2 minggu.

 


=====================================

>>>Nutrisi Gandum Talbinah Untuk Membantu Mengobati Penyakit Asam Lambung, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Penyakit Lambung and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>