Penyakit Asam Lambung

Setiap manusia mempunyai perut, lebih spesifik lagi saluran pencernaan yang sangat penting. Sebenarnya tidak hanya saluran pencernaan yang penting, seluruh organ tubuh manusia memilki fungsi yang penting bagi kelangsungan hidup setiap manusia. Organ yang sehat dan baik akan menunjang daya tahan tubuh sehingga tidak rentan terserang penyakit seperti penyakit asam lambung.

Banyak orang yang mengalami penyakit asam lambung. Penyakit asam lambung disebabkan karena bertambahnya produksi asam lambung di saluran pencernaan, lebih tepatnya di lambung. Penyakit asam lambung juga bisa disebabkan oleh asupan makanan yang kurang baik.

Konsumsi makanan yang kurang baik ini biasanya berupa makanan yang mempunyai kadar kesamaan tinggi dan makanan tertentu yang mampu menimbulkan atau merangsang bertambahnya produksi asam lambung di perut. Penyakit asam lambung dikenal juga dengan maag.

Penyakit asam lambung bukan karena disebabkan oleh asupan makanan, tetapi disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur. Stres pun bisa dapat menyebabkan bertambahnya produksi asam lambung. Saat penyakit asam lambung menyerang biasanya akan terasa nyeri di bagian ulu hati. Kondisi ini terjadi saat produksi asam lambung sedang tinggi-tingginya.

Berikut penanganan sementara penyakit asam lambung, antara lain :

Untuk pengobatan sementara penyakit asam lambung, bisa dilakukan mengkonsumsi obat maag yang banyak dijual pasaran. Obat maag berlabel hijau, yang menandakan bahwa obat tersebut bukan obat keras. Saat nyeri lambung keras, segerakan makan. Dengan makan nasi adalah paling mujarab untuk mengobati rasa sakit.

Memang akan terasa lebih sakit saat kita mengkonsumsi makanan. Namun, harus dipaksakan. Jika kita biarkan, rasa sakitnya akan semakin menjadi. Bisa juga mengkonsumsi obat nyeri lambung terdahulu, barulah 1 jam kemudian memakan nasi.

Berikut penanganan serius asam lambung, antara lain :

Orang yang menderita penyakit asam lambung, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Pengobatan penyakit asam lambung harus dalam pengawasan dokter. Penyakit asam lambung di anggap sepele dan tidak berisiko. Itu sebabnya banyak orang yang tidak perduli terjadinya penyakit asam lambung.

Pengawasan dokter sangat berperan bagi proses pemulihan atau menurunnya tingkat asam lambung. Sebab, jika penyakit asam lambung ini sudah kronis, bisa menimbulkan kematian. Kematian tersebut disebabkan oleh tidak bergunanya fungsi pencernaan dengan baik.

Saat penyakit asam lambung kambuh, sebaiknya anda mengkonsumsi dahulu obat nyeri lambung setelah 1 jam barulah makan. Hal ini berfungsi menurunkan atau menetralkan produksi asam lambung yang berlebih. Jika 1 jam setelah makan masih terasa nyeri, anda bisa mengkonsumsi lagi obat tadi. Penggunaan obat harus dalam pengawasan dan resep dokter. Jika tidak, anda bisa kelebihan dosis obat dan saluran pencernaan anda bisa rusak.

Berikut Penyakit asam lambung yang sudah parah, antara lain :

Pada sebagian orang, penyakit asam lambung ini di saat sedang kambuh, tidak hanya terasa nyeri di ulu hati. Ada pula yang sampai muntah-muntah dan mencret. Hal tersebut mengindikasikan bahwa penyakit asam lambung yang diderita sudah kronis.

Dalam keadaan yang sudah sangat parah, feses penderita penyakit asam lambung akan berwarna hitam seperti aspal. Bahkan, segala makanan yang dikonsumsi harus dalam keadaan halus. Itu sebabnya, penderita maag akut mengkonsumsi semua jenis makanan yang sudah dihaluskan dan lebih banyak mengkonsumsi jus.

Hal ini berguna untuk mengurangi atau mempermudah kerja lambung sehingga makanan yang dikonsumsi bisa segera terserap oleh tubuh tanpa harus dicerna oleh lambung secara ekstra.

Berikut penyakit asam lambung sulit disembuhkan, antara lain :

Penyakit asam lambung sangat sulit disembuhkan. Bukan tidak sembuh, namun suatu saat pastilah kambuh lagi. Penyakit ini bisa kambuh lagi karena berkaitan dengan pola makan kita, Jika pola makan tidak teratur, maka produksi asam lambung bertambah dan penyakit asam lambung menyerang kembali.

Sembuh total dari penyakit asam lambung memang sulit, namun tingkat kekronisan bisa dikurangi. Cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi tingkat kekronisan penyakit asam lambung adalah menjaga dan melakukan pola makan secara teratur, hindari makanan pedas dan bersantan, minuman bersoda dan kopi, serta makanan yang memiliki kandungan asam dan cuka.

Sebaiknya, perut diisi setiap 3 jam sekali. Bisa dengan mengkonsumsi makanan cemilan ringan atau makan roti dan kue basah. Bisa juga dengan mengkonsumsi susu murni secara rutin karena membantu melancarkan pencernaan. Karena lambung kita kerja nonstop 24 jam. Jika tidak ada yang dicerna, asam lambunglah yang dicerna dan menyebabkan produksi asam lambung meningkat.

Penyakit asam lambung bisa terjadi kapan saja, terutama setelah mengkonsumsi makanan berat dengan kadar asam tinggi. Oleh karena itu, para penderita harus menghindari makanan yang sangat asam agar penyakit asam lambung ini tidak kambuh.. Makanan yang digoreng dan berlemak juga harus dihindari. Bahkan, cokelat juga harus dihindari oleh penderita penyakit asam lambung karena makanan ini bersifat sangat asam.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit asam lambung selain faktor makanan yaitu faktor dengan membatasi asupan makanan. Mengkonsumsi makanan berat dalam waktu bersamaan bisa saja menimbulkan naiknya asam lambung. Karena mengkonsumsi makanan berat bisa mengakibatkan masalah perut karena makanan ttidak mampu dicerna dengan sempurna sehingga asam lambung menjadi naik.

Jangan Pernah Anggap Remeh Penyakit Asam Lambung

Terkadang sebagian orang menganggap remeh penyakit asam lambung. Padahal jika asam lambung ini naik ke kerongkongan atau tenggorokan akan muncul kerusakan saluran tenggorokan yang akhirnya akan menimbulkan kanker, bahkan menimbulkan kematian.

Penyakit asam lambung yang berupa asam lambung naik ke tengorokan bisa disebabkan banyak hal, seperti pola makan yang tidak sehat diantaranya adalah mengkonsumsi teh, kopi, dan merokok. Sementara itu, kegemukan bisa memicu terjadinya asam lambung mudah tertekan ke tenggorokan. Inilah penyebab rasa sakit terbakar pada ulu hai. Jika hal ini dibiarkan, lama kelamaan akan membuat kerongkongan semakin kronis.

Gejala-gejala penyakit asam lambung yaitu terasa panas di dada, rasa tidak enak saat menelan, rasa sakit saat menelan. Gejala-gejala lain dari penyakit asam lambung adalah serangan asma yang frekuen, batuk lama rekfakter dengan pengobatan, suara serak mual dan muntah, nyeri dada nonkardiak, dan sendawa.

Untuk mencegah penyakit asam lambung, kita harus terlebih dahulu mengetahui cara mengatur kebiasaan makan dan pengertian tentang peranan posisi tubuh terhadap kejadian refluks. Untuk mencegah penyakit asam lambung disarankan melakukan kebiasaan seperti meninggikan kepala 15 cm saat tidur, menjauhi makanan berlemak, asam, kopi, cokelat, mint, produk makanan dari tomat, minuman berkarbonasi, dan obat-obatan tertentu.

Kebiasaan lain yang harus dihindari agar tidak terkena penyakit asam lambung adalah hindari makan sambil tidur, tiduran kurang dari 2-3 jam setelah makan, makan terlalu banyak, merokok, dan menurunkan berat badan secara ekstrim bagi penderita obesitas.

Jika setelah makan langsung tidur, tubuh akan memproduksi asam lambung secara besar sehingga membahayakan kesehatan. Jadi biasakanlah hidup dengan gaya hidup sehat dan jangan menganggap remeh penyakit asam lambung karena penyakit asam lambung sangat berbahaya.

 


=====================================

>>>Nutrisi Gandum Talbinah Untuk Membantu Mengobati Penyakit Asam Lambung, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Penyakit Asam Lambung and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>